Home / Berita Terkini / 7 Ciri Miss V Tak Sehat, Salah Satunya Bau Tak Sedap Seperti Ini
7 Ciri Miss V Tak Sehat, Salah Satunya Bau Tak Sedap Seperti Ini

7 Ciri Miss V Tak Sehat, Salah Satunya Bau Tak Sedap Seperti Ini

Berita Artis Terkini — Vagina merupakan organ reproduksi yang sensitif. Untuk itu, merawat dan menjaga kesehatan vagina adalah hal yang wajib dilakukan oleh walaupun vagina memiliki mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri.

Tanda vagina tidak sehat harus diantisipasi sedini mungkin agar tidak mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh perempuan khususnya organ reproduksi. Dikutip dari Medical News Today, berikut ini 7 tanda vagina tidak sehat yang harus diwaspadai.

1. Vagina kering

Kondisi ini terjadi karena berbagai macam faktor. Mulai dari stres, gangguan kecemasan, iritasi, maupun obat-obatan. Vagina kering secara normal dialami oleh wanita yang telah menopause. Namun bagi wanita yang belum menopause, kondisi vagina kering menjadi salah satu tanda vagina tidak sehat.

2. Keluar darah yang sangat banyak saat haid

Pada tiap wanita, siklus haid berbeda-beda. Jumlah darah yang keluar juga bervariasi dan cenderung semakin berkurang pada hari kedua atau ketiga haid.

Namun, jika darah haid yang keluar cenderung selalu banyak dari awal hingga akhir masa haid, maka hal ini patut diwaspadai karena dapat menjadi tanda penyakit yang serius.

3. Timbulnya gatal atau sensasi panas terbakar

Menurut penelitian, salah satu tanda vagina tidak sehat ialah gatal, iritasi dan kulit vagina yang memerah. Penyebabnya adalah gesekan yang terlalu sering di vagina misalnya ketika terlalu lama mengenakan jeans yang ketat atau celana yang berbahan kasar.

Kondisi ini dapat menimbulkan munculnya jamur, bakteri vagina atau eksim.

4. Vagina bau tidak sedap

Tanda vagina tidak sehat lainnya adalah bau yang tak sedap. Pada wanita yang sehat, vagina memiliki bau khasnya sendiri. Jika Anda mendapati vagina berbau seperti ikan yang busuk, jamur atau bau lain yang tidak biasa, segera konsultasikan ke dokter.

5. Benjolan di vagina

Lakukan pengecekan secara rutin pada area vagina Anda. Tanda lain yang mengindikasikan vagina tidak sehat adalah timbulnya benjolan yang terasa sakit.

Benjolan ini mirip bisul atau jerawat. Benjolan ini dapat menjadi tanda penyakit kelamin yang berbahaya. Untuk itu segera temui dokter untuk mengantisipasi risiko yang dapat terjadi.

6. Cairan vagina yang berubah warna dan teksturnya

Fungsi dari cairan vagina adalah membersihkan vagina dari bakteri buruk di dalamnya agar mencegah infeksi. Biasanya menjelang haid akan berubah kecoklatan.

Perubahan warna cairan vagina menjadi kehijauan, putih keabu-abuan dan kuning harus Anda waspadai. Tak hanya itu, wanita juga harus mewaspadai jika cairan vagina berubah teksturnya seperti busa, tidak kental seperti pada umumnya.

7. Buang air kecil terasa sakit

Kondisi sakit pada saat buang air kecil menjadi tanda bahwa ada masalah pada saluran kemih wanita. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan vagina.

Setelah mengetahui tanda vagina tidak sehat, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan vagina.

Dikutip dari WebMd, menjaga kesehatan vagina dapat dilakukan dengan rutin membersihkan vagina dengan air mengalir atau memilih cairan pembersih yang sesuai, melakukan hubungan seksual dengan aman, menjaga tingkat keasaman vagina, dan memilih pakaian yang tepat agar tidak terjadi gesekan berlebihan pada vagina.

Anda juga dapat melakukan perubahan gaya hidup seperti rutin melakukan senam kegel dan hindari konsumsi minuman beralkohol dan rokok.

Scroll To Top