Home / Berita Terkini / Ahok Menegaskan Desain MRT Tidak Dapat Diganti
Ahok Menegaskan Desain MRT Tidak Dapat Diganti

Ahok Menegaskan Desain MRT Tidak Dapat Diganti

Berita Artis Terkini – Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok ) mengatakan tidak ingin berdebat dengan PLT Sumarsono masalah desain kereta Mass Rapid Transid (MRT) yang sebelumnya dikatakan oleh Sumarsono bentuknya seperti jangkrik. Ahok dengan tegas mengatakan kontrak untuk pembuatan sebelumnya sudah disepakati dengan PT MRT.

Pada informasi sebelumnya, Sumarsono yang mengkomplain desain dari MRT yang dikatakan mirip dengan jangkrik dan kurang gagah. Kemudian Sumarsono berencana akan mengubah desainnya agar terlihat lebih sporti.

Ahok mengatakan, kalau teknologi kamu bisa berdebat lah. Namun hal itu sudah diputusin sebelumnya. Itu pesenan MRT, kan sudah kita putusin, ucapnya di Smesco, Jakarta Selatan, Rabu (18/1).

Ahok mengatakan, rencana untuk melakukan perubahan desain bukanlah perkara mudah. Karena PT MRT telah menandatangani kontrak atas pembelian kereta cepat tersebut dengan Sumitomo Corporation.

Desain tidak dapat dirubah lagi karena kita sudah tanda tangan kontrak dengan Jepang, ucap Ahok.

Dari informasi sebelumnya mengatakan, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono melakukan rapat dengan jajaran direksi PT Masa Rapid Trans (MRT) Jakarta. Pada rapat tersebut disebutkan untuk membahas desain kereta yang akan digunakan.

Dimana Sumarsono menilai Desain yang diajukan oleh pihak MRT kurang meyakinkan. Untuk itu Sumarsono meminta rancangan ulang pada kereta tersebut.

Rapat tersebut adalah membahas penetapkan gambar kepala kereta. Desain gambar kereta yang sebelumnya terlihat seperti jangkrik, kurang gagah. Saya minta agar desain gambarnya lebih sporty. Kayak apollo gitu, ucap Sumarsono saat berada di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/1).

Sumarsono mengatakan desain pada kepala kereta mirip ‘jangkrik’ Dan terlihat tidak pas, untuk itu dirinya menggelar rapat khusus untuk membahas perubahan desain MRT tersebut.

Ini enggak bahas kaitannya dengan UU NO 29 ya (UU tentang kekhususan Jakarta), cuma membahas desain Kepala MRT saja, Rapat ini murni cuma membahas design kereta yang kepala jangkrik itu dapay diganti. agar kelihatan lebih energik, ucap Sumarsono.

Sumarsono mengatakan dirinya akan menerima masukan dari semua pihak dalam masalah perubahan desain kepala MRT. Saya akan dengarkan pendapat dari kadis perhubungan, agar desain kereta listrik tersebut lebih pas gitu loh, ucapnya.

Sumarsono mengatakan kalau perubahan desain tidak akan mengubah waktu pembangunan. Melakukan perubahan design tidak akan memakan waktu sampai 1 bulan, ucapnya.

Akan tetapi sekarang ucapan Sumarsono lain lagi, dirinya mengatakan tidak akan melakukan perubahan pada kepala MRT. Dirinya tidak akan menggantikan (desain lokomotif), Namun yang dilakukan hanyalah untuk mempercantik saja. Yang saya jelaskan ke media itu dimaksud adalah bukan pihak kita melakukan perubahan desain, namun hanya bagian mukanya saja. Terdapat dua pilihan, yang lebih aerodinamis dan berwarna biru atau yang seperti gambar sekarang ini yang berwarna hijau, Ucap Sumarsono kepada awak media, Rabu (18/1).

Sumarsono mengatakan, pihaknya tidak akan mengubah desain MRT karena hal itu dinilai justru akan memakan proses pengerjaan menjadi lebih lama lagi dari waktu yang sudah di tentukan.

Scroll To Top