Home / Berita Terkini / Ahok Tidak Akan Kampanye Demi Menjaga APBD
Ahok Tidak Akan Kampanye Demi Menjaga APBD

Ahok Tidak Akan Kampanye Demi Menjaga APBD

Berita Artis Terkini – Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menegaskan bakal calon petahana di Pilgub DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) wajib mengambil cuti dari jabatannya sebagai gubernur pada saat hendak melakukan kampanye. Ahok dengan sapaan Basuki mengatakan akan lebih memilih untuk tidak mengikuti kampanye ketimbang harus mengambil cuti dalam waktu tiga bulan.

“Makanya saya tanya kalau tidak mengikuti kampanye boleh atau tidak? Kan itu telah diatur kalau hendak melakukan kampanye, harus mengambil cuti, dan cutinya tidak boleh on off on off,” ucap Ahok di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (21/6).

Ahok mengatakan, aturan yang mengharuskan Ahok untuk cuti cukup mempersulit kinerjanya sebagai gubernur. Terutama, dalam tugas menjaga APBD DKI. Apalagi, pada bulan November sampai dengan Januari adalah dimana masa pembahasan APBD DKI tahun 2017.

Jadi kalau untuk menjaga APBD, kalau boleh saya memilih, lebih pilih tidak melakukan kampanye dari pada cuti. Kenapa? Berarti nanti saya cuti, mulai November, tiga bulan pas masa kampanye,” ucapnya.

Jika ada aturan untuk mengharuskan cuti, Ahok takut pada pembahasan soal anggaran tidak ada yang kawal dengan baik. Ahok juga menambahkan, apabila dalam pelaksana tugas gubernur tidak jujur ataupun tidak berani untuk melakukan perlawanan terhadap DPRD saat pembahasan anggaran, justru pada penyusunan anggaran akan menjadi kacau karena banyaknya indikasi anggaran siluman.

“Sekarang untuk bahas APBD 2017, kalau datang Plt kalau dia enggak jujur bagaimana, atau kalau dia jujur tetapi tidak berani melawan DPRD lantas bagaimana? Andai saya tidak terpilih pun saya akan menjabat sampai bulan Oktober 2017 loh, begitu saya bertugas lagi semua yang disusun kacau balau,” tegas dia.

Ahok juga mengatakan tidak masalah kalau dirinya tidak dapat melakukan kampanye dan mensosialisasikan program yang dibuat asalkan APBD DKI aman dan disusun secara akuntabel.

Tidak perlu melakukan sosialisasi, saya mau jaga APBD agar tetap aman, saya telah mengatakan saya tidak akan ikut, saya rela mending duitnya dijaga,” ucap Ahok.

Ahok menilai dulu aturan ini dibuat untuk petahana seperti dirinya tidak menggunakan fasilitas negara yang didapat sebagai gubernur untuk melakukan proses kampanye kampanye.

“Namanya juga seorang petahana, bener gak? Dulu kan kalau hendak mengikuti kampanye harus cuti dahulu, Agar dia tidak menggunakan fasilitas, dipaksa cuti terus. jadi misalnya kalau saya tidak mau melakukan kampanye gimana? Boleh enggak?,” ucapnya.

Scroll To Top