Home / Berita Terkini / Fadli Zon dan Rachel Maryam Di Laporkan ke MKD Oleh ICW
Fadli Zon dan Rachel Maryam Di Laporkan ke MKD Oleh ICW

Fadli Zon dan Rachel Maryam Di Laporkan ke MKD Oleh ICW

Berita Artis Terkini – Koalisi anti katebelece DPR yang tergabung dari Indonesia Corruption Watch (ICW), Indonesia Budget Centre (IBC), Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) kali ini melaporkan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon dan juga Anggota Komisi I DPR Rachel Maryam pihak Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

Kedua orang tersebut diduga telah melakukan pelanggaran tata tertib DPR RI pasal 6 ayat 4 yang mengatakan adanya larangan kepada anggota DPR untuk menggunakan jabatan dalam mengambil keuntungan secara pribadi baik untuk dirinya sendiri ataupun untuk keluarganya,” ucap peneliti ICW Donal Fariz saat berada diGedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Dimana kali ini Fadli sendiri telah melakukan klarifikasi tentang beredarnya surat terkait dimana Fadli zon meminta fasilitas untuk anaknya yang dalam rangka mengikuti kegiatan pendidikan di New York. Akan tetapi, bagi Donal, MKD perlu untuk menguji kebenaran klarifikasi Fadli tersebut.

Fadli Zon sebelumnya memang telah melakukan klarifikasi terkait masalah ini, kami hormati, tapi klarifikasi yang dilakukan tersebut sangatlah penting untuk dibuktikan dan diuji ke MKD agar tidak menimbulkan polemik, Ucap dia.

“Masalah ini justru hanya akan mengorbankan birokrat apabila tidak diuji. Kemudian proses ini harusnya tidak berhenti pada pelaporan, apakah dari kesekjenan dan kedutaan besar bisa terbongkar,” imbuhnya.

Kemudian pada kasus Rachel Maryam yang terjadi beberapa waktu lalu kemudian baru dilaporkan sekarang, Donal mengatakan kalau pelanggaran etik ini ternyata berulang. Kemudian pada kasus seperti ini sepertinya MKD tampak tidak berniat untuk melakukan sesuatu dalam memproses dugaan adanya pelanggaran etik keduanya.

Untuk kasus Rachel Maryam, memang agak telat, namun memiliki tipologi yang sama karena melanggar pasal 6 ayat 4. Kenapa dilaporkan sekarang? Karena terdapat inisiatif dan tidak ada iktikad dari pihak MKD dan juga dari pimpinan DPR untuk menanggulangi hal-hal serupa,” ungkapnya.

Hari ini Donal pada kedatanggannya juga turut membawa beberapa bukti yang akan diserahkan kepada MKD.

“Bukti surat yang dikirim ke kedubes yang terdapat tanda tangan sekjen DPR atasnama Fadli Zon, kedua surat Rachel Maryam yang dituju kepada kedubes Prancis. Kami melampirkan akta organisasi, bukti berita faksimil,” ucap Donal.

Scroll To Top