Home / Berita Terkini / Gamawan Menyebutkan Uang Yang Diterima Adalah Pinjaman Untuk Berobat dan Honor Kerja
Gamawan Menyebutkan Uang Yang Diterima Adalah Pinjaman Untuk Berobat dan Honor Kerja

Gamawan Menyebutkan Uang Yang Diterima Adalah Pinjaman Untuk Berobat dan Honor Kerja

Berita artis terkini – Mantan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, mengakui ada menerima dana pada saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Akan tetapi Gumawan mengatakan uang tersebut dipinjam olehnya untuk keperluannya berobat dan juga merupakan honor kerja.

Sebelumnya Jaksa KPK bertanya kepadanya, apakah dirinya mengenal dengan Afdal Noverman.

Lalu Gumawan mengaku kenal dengan Afdal yang sebagai pedangan di tanah abang, kemudian Gumawan mengaku dirinya meminjam uang dengan Afdal untuk membeli tanah sebesar 1 Miliar, kemudian dirinya juga meminjam lagi untuk keperluan berobat, karena menderita kanker usus dan harus berobat di Singapura.

Gumawan mengatakan uang yang dipinjam tersebut sebesar 1,5 miliar dan berupa tunai.

Kemudian Jaksa KPK bertanya pada saat menjabat sebagai menteri dirnya tidak mendapatkan asuransi perobatan? Kemudian Gamawan mengatakan kalau operasi dirinya membutuhkan biaya yang sangat besar dan dirinya sampai kehabisan dana, dan Gumawan juga mengatakan kalau dirinya juga menerima dana sebsar 50 juta dan dana tersebut adalah honor kerja saat mengunjungi 5 provinsi, dan yang didapatkan dalam 1 kali kunjungan adalah 10 juta.

Dari dakwaan kasus proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun, dikatakan Gamawan telah mendapatkan dana sebesar 4.5 juta dollar AS, Kurs Rupiah sebesar lebih dari 60 Miliar Rupiah.

Diketahui pada Maret 2011, Andi Narogong yang merupakan pengusaha pelaksana proyek e-KTP memberikan sejumlah uang kepada Gamawan melalui Afdal Noverman sejumlah 2 juta dollar AS yang bertujuan untuk mempermudah tender proyek e-KTP tersebut.

Kemudian pada bulan Juni 2011, Gamawan kembali menerima uang sebesar 2,5 Juta $ yang diberikan oleh Andi Nagorong dengan perantara Azmin Aulia, dimana uang tersebut diberikan agar bisa menjadi pemenang tender proyek tersebut.

Tidak hanya itu, uang di yang didapatkan oleh Dirjen Dukcapil juga diberikan kepada Gamawan sebesar Rp 50 juta.

Dana tersebut diterima pada saat Gumawan melakukan kunjungan kerja di Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Scroll To Top