Home / Berita Terkini / Hasil Interogasi Kemenhub Atas Kasus Lion Air
Hasil Interogasi Kemenhub Atas Kasus Lion Air

Hasil Interogasi Kemenhub Atas Kasus Lion Air

Berita Artis Terkini – Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah 1 Soekarno-Hatta, Herson menyatakan pelanggaran yang dilakukan pihak Lion Air setelah dilakukan Investigasi. Kemenhub telah menerima hasil investigasi pelanggaran Lion Group, Dimana pada sebelumnya pihak Lion Air dengan pesawat JT 161 Singapura salah menurunkan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/5) lalu.

Beberapa pelanggaran dari hasil Investigasi adalah :

Pertama Pihak Lion Group telah memindahkan tanggung jawab layanan jasa penumpang kepada pihak ketiga, yaitu PT Sari Indah yang menjadi pihak pemilik bus pada saat itu salah mengantarkan penumpang internasional ke bagian domestik.

Untuk kesalahan tersebut pihak Lion Group telah lalai dalam pengawasan sehingga terjadi kesalahan prosedur penanganan penumpang. Pada kesalahan kedua ternyata pihak Lion Group tidak melengkapi alat komunikasi yang diperuntukan dalam kegiatan operasional penerbangan.

Pada bagian ini maksudnya adalah saat melakukan tukgasnya, petugas ground handling tidak menggunakan HT, namun menggunakan Handphone. Petugas juga memakai pulsa mereka sendiri sebagai alat komunikasi, Ucap Herson.

Lion Group disebut sebagai pemegang izin operasi jasa terkait namun belum memenuhi syarat dan ketentuan pengusahaan bandar udara dimana telah diatur oleh Peraturan Menteri Perhubungan No 56 Tahun 2015 yang mengatur tentang Pengusahaan di Bandar Udara.

Dan kesalahan yang keempat adalah pihak Lion Group diketahui tidak menjalankan SOP ground handling karena tidak melakukan brieffing kepada setiap pengemudi bus, padahal sopir tersebut adalah pegawai outsourcing dari pihak ketiga.

Kemudian petugas juga tidak mengisi form daily activity yang telah diatur dalam SOP, dan Lion Group tidak memberikan pelatihan atau Training kepada petugas tentang awareness safety security program, Tutupnya.

Scroll To Top