Home / Berita Terkini / Identifiasi Ledakan di Bekasi Menunggu Alat Berat
Identifiasi Ledakan di Bekasi Menunggu Alat Berat

Identifiasi Ledakan di Bekasi Menunggu Alat Berat

Berita Artis Terkini – Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri yang telah tiba di lokasi ledakan di Gerai Pizza Hut Delivery (PHD), Bekasi. Tim yang diterjunkan bertugas untuk melakukan identifikasi ledakan terhadap tempat kejadian perkara (TKP).

Akan tetapi, usaha tersebut sedikit terhambat dikarenakan puing-puing dari sisa bangunan tersebut masih berserakan di lokasi. Dan hingga kini bagian Labfor masih menunggu kedatangan dari alat berat untuk menyingkirkan puing-puing tersebut.

Karena hingga kini barang bukti masih berada di bawah reruntuhan, dan harus di bersihkan terlebih dahulu, ucap Kabid Balistik Metalurgi Forensik (Puslabfor), Kombes Ulung Kanjaya di Jl. Raya Hankam, Pondok Melati, Bekasi, Minggu (23/10/2016).

Alat berat kali ini sangat di butuhkan untuk memantu merapikan bangunan yang berada di sekitar lokasi. karena, beberapa bangunan juga mengalami keretakan. Dikhawatirkan bangunan tersebut roboh ketika tim kita sedang melakukan proses identifikasi.

Setelah puing-puing dari ledakan tersebut disingkirkan, maka tim Labfor kita akan mencari barang bukti yang berhubungan dengan ledakan. lalu barang bukti tersebut akan diidentifikasi.

Dan hal yang perlu kita ketahui juga adalah, apakah ada barang yang berpotensi untuk meledak lagi. Apabila sudah aman, maka tim Labfor akan segera mencari barang bukti yang berhubungan dengan ledakan tersebut, ucap Ulung.

Pada saat melakukan identifikasi, tim Labfor ditemani oleh tim lainnya seperti dari Gegana dan Inafis dari Polda Metro Jaya. Begitu juga diterjunkan personel dari Polsek Pondok Gede yang akan ikut mengamankan situasi disekitar.

Terkait dari penyebab ledakan yang terjadi, Ulung menjelaskan, ledakan dapat diakibatkan karena adanya kebocoran dari gas. Ledakan tersebut bisa terjadi meski tidak ada aktivitas di dalam ruangan tersebut. Ulung mengatakan, aliran listrik juga bisa menjadi penyebab timbulnya ledakan apabila gas pada ruangan itu telah terkumpul pada kepadatan tertentu.

Saklar listrik juga dapat menjadi pemicu ledakan. Dan kasus Ini masih sedang didalami, apakah hal itu dapat terjadi. Maka kita yang merupakan tim yang ditugaskan akan akan mencari tahu. Karena instalasi gas pada PHD menggunakan pipa, maka kita akan mencari dari mana asal kebocoran tersebut, ucap Ulung.

Ulung juga mengatakan, untuk masa proses identifikasi seperti ini, dibutuhkan waktu sekurang-kurangnya 2 hari untuk bisa mengetahui hasilnya.

Scroll To Top