Home / Berita Terkini / Karena Terjadinya Insiden AirAsia, Kemenhub kini Melarang Warga Untuk Menaikan Balon di Jalur Penerbangan
Karena Terjadinya Insiden AirAsia, Kemenhub kini Melarang Warga Untuk Menaikan Balon di Jalur Penerbangan

Karena Terjadinya Insiden AirAsia, Kemenhub kini Melarang Warga Untuk Menaikan Balon di Jalur Penerbangan

Berita Artis Terkini – Dua buah balon yang terbang keudara telah mengganggu penerbangan pesawat AirAsia pada ketinggian 18 ribu kaki. Tidak tahu siapa yang menerbangkan dua balon tersebut, Dari informasi yang diketahui kedua balon tersebut melintas dekat pesawat yang sedang mengangkasa.

Peristiwa itu terjadi pada Kamis (7/7) pagi. Pada saat itu Pesawat AirAsia sedang melakukan penerbangan dari Yogyakarta menuju ke Medan dan diduga yang melepaskan balon tersebut berada di sekitar Semarang.

Balon udara, layang-layang, lampion, drone dilarang untuk diterbangkan atau dioperasikan di dekat bandara atau di jalur penerbangan. Karena melanggar UU No 1 tahun 2009, Permenhub No PM 163 tahun 2015 dan PM 180 tahun 2015,” jelas Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub, M Nasir Usman, Sabtu (9/7/2016).

Nasir mengatakan ada sanksi yang mengancam untuk mereka yang mengganggu keamanan penerbangan.

Kami telah meminta kepada Pemda agar melakukan pemberitahuan kepada masyarakat untuk tidak melakukan hal tersebut lagi,” tagas dia.

Di sekitar bandara-bandara juga telah dipasang spanduk mengenai larangan-larangan tersebut. Kemenhub juga menyuruh agar setiap komunitas penerbangan melaporkan apabila melihat kejadian tersebut, misalnya ada balon, layang-layang, atau drone yang dapat mengganggu penerbangan.

Pihak pemerintah juga telah meminta kepada Airnav dan meminta bantuan kepolisian agar segera melakukan penanganan apabila terdapat gangguan, ucap dia.

Scroll To Top