Home / Berita Terkini / Kembali Susi Pudjiastuti Tenggelamkan 81 Pencuri Ikan
Kembali Susi Pudjiastuti Tenggelamkan 81 Pencuri Ikan

Kembali Susi Pudjiastuti Tenggelamkan 81 Pencuri Ikan

Berita artis terkini – Terdapat 81 kapal yang tertangkap sebelumnya karena melakukan pencurian ikan diperairan Indonesia kali ini ditenggelamkan di 12 lokasi berbeda di Indonesia.

Kali ini yang menjadi komando untuk melakukan penenggelaman adalah Menteri kelautan dan perikanan Susi Pudjiastuti sendiri. Penenggelaman kapal kali ini dilakukan secara serentak di 12 daerah dengan melakukan teleconference oleh Susi yang berada di Ambon.

Saat melakukan penenggelaman, Susi memberikan perintah di wiliyah Ambon dari Lapangan 7 Syawal, Morela, Ambon. Dan dua kapal yang ditenggelamkan di perairan Ambon adalah kapal Sino 26 (265 GT) kemudian Sino 35 (268 GT).

Kita berharap nantinya kapal Sino (nama kapal) dapat menjadi simbol dari kemenangan kita dalam rangka melakukan pemberantasan kepada pencurian ikan, karena selama beberapa tahun kita telah kalah dan banyak dari ikan kita yang telah dicuri terutama kawasan Indonesia Timur, ucap Menteri Susi di Pantai Tihlepuai, Desa Morella, Ambon, seperti dikutip dari rilis KKP, Sabtu (1/4/2017).

Susi menegaskan, perairan Ambon akan menjadi lambang dari kedaulatan negara kita terkait penangkapan ikan yang dilakukan secara ilegal. Tidak hanya itu, Susi juga mengatakan perairan rumpon nantinya akan mampu menghasilkan rumpon (alat bantu menangkap ikan) dan juga terumbu karang.

Terumbu karang dan rumpon yang nantinya akan tumbuh bisa menjadi daya tarik ikan, dan masayarakat setempat memiliki rumah ikan yang luas, ujarnya.

Susi juga berharap orang yang melakukan ilegal fishing dapat di proses di pengadilan, dan dirinya tidak mau ada campur tangan oleh invisible yang berpengaruh, Susi mengatakan permainan ini sudah selesai, dan kedaulatan negara harus benar-benar ditegakkan.

Saya ingin suatu saat nanti masyarakat Indonesia mengetahui ada ribuan kapal asing yang dulunya bebas mencuri ikan di perairan Indonesia, dan kita bisa mengatasi semua itu.

Beriku ini adalah rincian 81 kapal yang ditenggelamkan : di Aceh 3 kapal, Pontianak 8 kapal, Bali 1 kapal, Sorong 1 kapal, Merauke 1 kapal, Belawan 7 kapal, Tarempa 10 kapal, Natuna 29 kapal, Tarakan 6 kapal, Bitung 9 kapal, Ternate 4 kapal, dan Ambon 2 kapal.

Dan dari data yang kami terima, total kapal yang telah berhasil ditenggelamkan sejak bulan Oktober 2014 adalah 317 kapal. Yaitu Vietnam 142 kapal, Filipina 76 kapal, Thailand 21 kapal, Malaysia 49 kapal, Indonesia 21 kapal, Papua Nugini 2 kapal, China 1 kapal, Belize 1 kapal dan tanpa negara 4 kapal.

Comments are closed.

Scroll To Top