Home / Berita Terkini / KPK diminta Untuk Menyelidiki Aliran Dana Teman Ahok
KPK diminta Untuk Menyelidiki Aliran Dana Teman Ahok

KPK diminta Untuk Menyelidiki Aliran Dana Teman Ahok

Berita Artis Terkini – Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta kepada Teman Ahok untuk melaporkan aliran dana mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam memberikan dukungan kepada calon petahana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Hal tersebut keluar setelah keluarnya tudingan dari politikus PDIP kepada kelompok relawan Teman Ahok, Junimart Girsang, perihal uang pengembang reklamasi sebesar Rp 30 miliar yang mengalir ke rekening Teman Ahok.

“Apabila Ahok sendiri ingin maju melalui jalur independent kami mau mendorong laporan mereka untuk diinterogasi sehingga aktivitas mereka akan diketahui,” kata Koordinator Divisi Politik dan Hukum ICW, Donald Fariz di kantor ICW, Jalan Kalibata Timur Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (24/6).

Donald mengatakan, laporan keuangan tersebut sangatlah penting dibuktikan agar tidak menjadi tudingan miring untuk Teman Ahok. Salah satunya dana sebesar Rp 5 miliar yang diklaim Teman Ahok adalah merupakan dana dari penghasilan penjualan souvenir dan juga hasil penjualan tiket.

Kami tidak ingin mengatakan masuk akal atau tidak. Namun selama laporannya dimasukkan, KPK wajib untuk menyelidikinya, Ucap Donald.

Donald juga mengatakan laporan keuangan tersebut juga berlaku untuk sejumlah pendukung partai politik agar dibuka secara transparan ke ruang publik. Karena menurut Donald, kandidat yang diajukan adalah merupakan seorang sokongan partai politik dimana sumber dananya kebanyakan tidak jelas asalnya.

Kami akan memberikan usul untuk bagaimana bagi para relawan untuk melaporkan hasil keungan mereka kepada KPU. Laporan mereka akan diintegrasikan dengan baik agar keuangan mereka bisa diaudit dan dilihat oleh publik.

Scroll To Top