Home / Berita Terkini / Tanda Seseorang Harus Segera Menurunkan Berat Badan
Tanda Seseorang Harus Segera Menurunkan Berat Badan

Tanda Seseorang Harus Segera Menurunkan Berat Badan

Dikutip dari Insider, berikut 7 pertanda seseorang harus menurunkan berat badan dan berkonsultasi kepada ahlinya.

1. Nyeri Sendi

Jika berjalan kaki atau menuruni tangga saja terasa melelahkan, bisa jadi pertanda bahwa beban tubuh terlalu berat dan berdampak pada persendian. Diet dan olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi rasa sakit pada sendi.

2. Mendengkur terlalu keras

Mendengkur saat tidur merupakan salah satu kondisi terganggunya pernapasan. Saat tubuh menyimpan lemak terlalu banyak di leher, pernapasan menjadi pendek dan tersendat. Hal itu menyebabkan dengkuran yang keras serta tidur menjadi kurang nyenyak.

3. Tekanan darah tinggi

Berat badan yang berlebihan dapat berpengaruh pada tingginya tekanan darah. Hal ini menyebabkan sistem kardiovaskular harus bekerja ekstra untuk mengatur pertukaran oksigen dalam tubuh. Menerapkan pola makan sehat dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Kolesterol yang tinggi

Menurunkan berat badan adalah cara utama untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Kebiasaan lain selain diet juga berpengaruh pada munculnya kolesterol, seperti asupan nutrisi serta pola olahraga yang teratur. Perubahan pola makan dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Diabetes

Lemak berlebih dalam tubuh dapat berpengaruh pada kesehatan pankreas, organ yang berfungsi menyimpan dan melepaskan insulin. Insulin adalah hormon yang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Jika lemak berkurang, maka pankreas dapat bekerja lebih optimal dan mampu mengontrol kadar gula darah dengan baik. Hal tersebut dapat berpengaruh pada kesembuhan penyakit diabetes.

6. Kenaikan berat badan terus menerus

Bertambahnya berat badan dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan efek samping yang buruk. Jika berat badan naik dengan sedikit dan terjadi pada masa pertumbuhan, hal itu wajar terjadi. Namun, bertambahnya berat badan dengan drastis dalam jangka waktu setahun perlu dikhawatirkan dan segera konsultasi dengan dokter.

7. Penyakit kanker

Menurut National Cancer Institute, lemak berlebih dapat menyebabkan kelebihan estrogen yang berkaitan dengan kanker payudara. Selain itu obsesitas juga memungkinkan tumbuhnya tumor. Beberapa ahli merekomendasikan untuk menjaga pola makan sehat serta olahraga yang cukup.

Scroll To Top