Home / Berita Terkini / Teguran Presiden Jokowi Menggunakan Tindakan Simbol
Teguran Presiden Jokowi Menggunakan Tindakan Simbol

Teguran Presiden Jokowi Menggunakan Tindakan Simbol

Berita Artis Terkini – Presiden Joko Widodo selalu memiliki cara untuk menanggapi berbagai isu yang tidak sedap. Presiden yang dikenal tidak banyak bicara, namun langkah yang digunakan malah terasa lebih menojok pihak-pihak terkait.

Pada saat hubungan Indonesia dengan China memanas dengan cepat Jokowi merespon masalah tersebut dengan mengumpulkan menterinya untuk melakukan rapat terbatas. Rapat tersebut digelar di tempat tak biasa, yaitu di atas kapal perang KRI Imam Bonjol di Perairan Natuna.

Sebelumnya diketahui para pencuri ikan yang berasal dari China ditangkap karena melakukan pencurian ikan di perairan Natuna. Akan tetapi atas kejadian tersebut reaksi Negeri Tirai Bambu justru berlebihan. China mereka menerjunkan kapal patrolinya dan mendekati kapal perang Indonesia yang sedang menggiring kapal Han Tan Cou 19038 di Perairan Natuna.

Merepon tindakan yang dilakukan oleh china, Tentara Nasional Indonesia (TNI) pun dengan segera melakukan penambahan kekuatan pada kawasan Pulau Natuna. Tidak hanya menambah armada untuk melakukan patroli, TNI juga menerjunkan drone untuk mengawasi pencuri ikan dari China yang kembali memancing di perairan Indonesia.

Presiden Jokowi melakukan Rapat terbatas di atas KRI Imam Bonjol untuk pengembangan wilayah Natuna #NKRI,” kicau Seskab Pramono Anung pada akun twitternya, Kamis (23/6).

Jokowi yang berada di atas kapal Perang KRI Iman Bonjol yang dilengkapi dengan peluru kendali seolah-olah memberi peringatan agar kapal asing pencuri ikan tidak lagi mengganggu kedaulatan Indonesia. Pada saat itu Jokowi yang didampingi oleh Panglima TNI dan juga kepala staf Angkatan Laut.

Tidak hanya masalah Natuna, Sebelumnya Jokowi juga dengan tiba-tiba melakukan blusukan ke Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang, yang terletak diBogor, Jawa Barat. Mega proyek yang merugikan negara hingga Rp 2,5 triliun itu mangkrak dan sekarang dijadikan sebagai rumah hantu.

Proyek tersebut ternyata dijadikan pesta korupsi. Menpora Andi Mallarangeng dan adiknya Zulkarnain Mallarangeng pada kasus Hambalang tersebut menjadi terpidana dalam kasus korupsi. Tidak hanya Menpora dan adiknya, Ketum Demokrat Anas Urbaningrum juga dinyatakan menerima gratifikasi terkait proyek mega tersebut.

Dengan kedatangan Jokowi ke Hambalang seakan menyindir pendahulunya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Karena Proyek Hambalang dikerjakan pada saat era kepemimpinan SBY. dimana Hambalang adalah merupakan mimpi pembangunan pusat pelatihan untuk para atlet, namun kini dapat dipastikan hal tersebut hanyalah mimpi yang tidak akan tercapai.

Blusukan yang dilakukan Jokowi bersamaan SBY sedang keliling Jawa untuk menerima aspirasi masyarakat saat menjelang Pilkada serentak. Tour De Java SBY itu berlangsung selama 16 hari. Bersama Ibu Ani Yudhoyono, SBY yang mendatangi empat provinsi di Pulau Jawa.

Kemudian apabila kita kembali melihat kebelakang, saat dilakukan sidang putusan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terhadap Setya Novanto. Disaat itu juga Jokowi yang mengundang para pelawak (komedian) untuk ke Istana Negara Jakarta.

Tidak tahu hal tersebut dilakukan dengan sengaja atau tidak, Istana pada malam tersebut dipenuhi dengan canda tawa disaat pimpinan DPR dalam proses meletakkan jabatannya. Jokowi pada saat itu tertawa hingga mengeluarkan air mata saat mendengankan guyonan Sule dan juga kawan-kawan.

Jokowi tertawa lepas seperti tidak memiliki beban, tepat disaat Novanto sedang disoroti kegalauan menjelang mundurnya dirinya sebagai Ketua DPR, karena permasalahan ‘papa minta saham’ PT Freeport Indonesia. Dimana sikap Setya Novanto menuai polemik dari berbagai kalangan, dan pada kasus ini pada saat itu paling banyak mendapatkan sorotan publik.

Untuk itu dapat dikatakan, Presiden Jokowi memiliki pola komunikasi high contact. Seperti pada saat menyindir MKD dengan cara mengundang para pelawak untuk berkunjung ke Istana,” ucap Politikus PAN Teguh Juwarno.

Comments are closed.

Scroll To Top