Home / Berita Terkini / Ahok bakal Menggusur Kampung Luar Batang, Serumpet protes
Ahok bakal Menggusur Kampung Luar Batang, Serumpet protes

Ahok bakal Menggusur Kampung Luar Batang, Serumpet protes

Berita Artis Terkini– Rencana Ahok untuk menggusur permukiman warga di sekitar Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, mendapat protes dari aktivis, Ratna Sarumpaet, Dirinya memprotes langkah yang akan diambil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, yang tidak pernah berhenti untuk melakukan penggusuran.

“Wilayah Luar Batang ini adalah bagian dari cagar budaya. setelah mendapatkan kabar akan segera digusur, saya terganggu dan menolak. Bukan berarti yang lain-lain saya tidak terganggu, tetapi cara penggusuran itu sudah tidak boleh,” kata Ratna Sarumpaet di Masjid Luar Batang Penjaringan Jakarta Utara, Sabtu (2/4).

Ratna menyarankan, Seharusnya pemerinta mempertahankan cagar budaya ini dengan cara, membersihkan got-got sekitar. Bukan asal gusur saja.

“Seharusnya Pemerinta menyadarinya bahwa ini adalah salah satu cagar budaya, kita harus memperbaikinya, bukan digusur. kampung ini harus di rapikan, dengan membersihkan parit-parit, rumah-rumah juga diperbaiki, mungkin jalannya sudah terlalu sempit. Jadi dibuat yang rapi. saya menyetujuinya kalau itu,” ucapnya.

Apalagi, di sana juga terdapat Masjid Jamie Keramat Luar Batang dan makam habib. Buat warga sekitar dan sebagian warga Jakarta, tempat itu memiliki nilai sejarah.

“Persoalan lain Heritage terutama Luar Batang salah satunya masjid. Masjid ini adalah bagian dari sejarah. Kalau rakyatnya di gusur masjitnya buat apa, untuk pajangan. Itu tidak bisa, masjid itu ada umatnya. itu adalah dua hal yang tidak dapat pisah. Begitu umatnya pindah, terus Masjid apa gunanya,” ucapnya.

Scroll To Top