Home / Kriminal / BI Temukan Uang Baru Palsu Yang Beredar Di Brebes
BI Temukan Uang Baru Palsu Yang Beredar Di Brebes

BI Temukan Uang Baru Palsu Yang Beredar Di Brebes

Berita artis terkini – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Tegal, Jawa Tengah berhasil menemukan 1 lembar uang kertas palsu edisi baru dengan nominal Rp 50 ribu beredar di Brebes. Awal diketahui oleh petugas BI karena ada seorang warga yang mendapatkan uang palsu tersebut.

” Usai kami menerima jika ada informasi yang telah menemukan uang palsu, kami segera melakukan pengecekan dengan melihat fisik kertas yang menyamai uang baru itu,” beber Tulus, Asisten Manajer Unit Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Tegal di Brebes, Sabtu (4/2).

Setelah kami periksa ternyata uang itu palsu, Tulus menambahkan jika kertas yang dipakai untuk menyamakan uang NKRI keluaran 2016 adalah dengan memakai teknik printing dan memakai kertas biasa.

” Sudah kita lihat langsung dan dengan teliti uang kertas yang menyerupai uang baru tersebut. Jika dilihat sekilas maka warnanya sama dengan uang asli, namun uang palsu itu hnaya dicetak dari teknik printing, yang jika dipegang akan beda dengan uang yang asli. Karena uang palsu hanya memakai kertas biasa dibandingkan dengan uang asli sudah memakai kertas khusus yang hasil cetakannya akan timbul serta kasar,” ungkap Tulus.

Bukan hanya memakai kertas biasa akan tetapi uang palsu tersebut juga tidak memiliki pita pengaman dan cetakan angka nominal. Terlebih gambar yang ada pada uang palsu itu tidak timbul dan kasar.

” Jika uang baru kita yang asli ada pita pengamannya, dan angka nominal serta gambar tercetak timbul dan juga kasar. Selain itu jika diterawang akan terlihat pola dan warna yang muncul mencolok,” tambah Tulus.

Scroll To Top