Home / Life Style / Sambut Malam Cap Goh Meh Warga Putussibau Gelar Acara Tatung Dan Barongsai
Sambut Malam Cap Goh Meh Warga Putussibau Gelar Acara Tatung Dan Barongsai

Sambut Malam Cap Goh Meh Warga Putussibau Gelar Acara Tatung Dan Barongsai

Berita artis terkini – Merayakan hari Cap Goh Meh yang merupakan hari terakhir imlek orang tionghua, warga yang tinggal di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, tidak ketinggalan dengan perayaan atraksi Tatung dan Barongsai untuk memukau dan menghibur warga setempat, konon dikatakan jika atraksi tersebut kebal dengan berbagai senjata tajam.

” Atraksi Tatung tersebut sangat ditungu oleh kebanyakan warga yang berada di Putussibau karena selain atraksi yang sangat unik, atraksi itu hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu saja,” ungkap Wahyuni yang sudah tidak sabar ingin menyaksikan acara itu pada nanti malam, Sabtu (11/02).

Pendapat berbeda juga terungkap dari pengakuan Syairulsah (42) yang merupakan warga di Putussubau yang menyatakan jika perayaan atraksi Cap Goh Meh adalah salah satu bukti keberagaman Indonesia yang terdiri dari Kebhinekaan yang artinya walaupun berbeda tetapi tetap sama satu juga.

” Sungguh indah jika keharmonisan dan rasa kekeluargaan kita tanamkan dalam semua suku yang berbaur untuk turut memeriahkan acara perayaan Cap Goh Meh tersebut,” tambah Syairulsah.

Selain itu, Agus Mulyana yang seorang Ketua Dewan Adat Dayak di Kapuas Hulu juga menegaskan jika masyrakat yang tinggal disana sudah bisa hidup dengan rasa kekeluargaan serta harmonis dengan beragam suku, etnis dan agama.

” Kapuas telah terlahir dengan rasa kekeluargaan yang begitu mendalam, oleh karena itu setiap perayaan apapun harus dirasakan bersama tanpa memandang suku maupun agama yang berbeda. Maka kita harus selalu bersatu dan tidak mudah untuk dipecah belah,” tambah Agus.

Agus menambahkan jika dalam perayaan Cap Goh Meh biasanya selalu mendapat pengawalan ketat dari kepolisian serta anggota TNI yang turut menjaga dalam penyambutan malam terakhir imlek itu hingga selesai.

Scroll To Top