Beberapa Penyakit Berbahaya Yang Diakibatkan Karena Kelebihan Garam

Berita artis terkini – Kesediaan garam untuk sekarang ini tergolong sangat langka, akan tetapi meskipun demikian, ternyata ada efek yang dapat dipetik dari fenomena tersebut, yaitu mengurangi asupan pada garam dalam diet harian.

Meskipun masakan mungkin akan menjadi kurang sedap apabila kurang garam, mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit berikut.

Sebuah penelitian pada tahun 2011 dari British Medical Journal menunjukkan bahwa adanya hubungan langsung yang konsisten antara asupan garam dan tekanan pada darah. Penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengurangi 4,6 gram asupan garam per hari dapat menurunkan tekanan darah pada seseorang.

Dengan demikian, semakin banyak sodium yang dikonsumsi, maka semakin tinggi pula tekanan darah Anda. seperti yang dikutip dari laman Klikdokter.com, Kamis (3/8/2017), berikut penyakit yang dapat muncul karena asupan garam berlebihan.

1. Masalah ginjal

Sebuah studi pada tahun 2013 di Journal of the American Society of Nephrology menyebutkan bahwa setiap individu dengan penyakit ginjal kronis, dapat kembali meningkatkan fungsi pada ginjalnya dengan mengurangi asupan garam dalam tubuh.

2. Kanker perut

Penelitian yang dilakukan oleh The World Cancer Research Fund and American Institute for Cancer Research menyebutkan, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan seseorang terserang kanker perut. Hal tersebut terjadi dikarenakan gatam yang berlebihan dapat merusak lapisan pada perut dan rentan terhadap bakteri helicobacter pylori (H. pylori).

Menurut peneliti, garam juga dapat meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas bakteri sehingga dapat meningkatkan resiko terkena kanker perut.

3. Osteoporosis

Apabila Anda mengonsumsi garam secara berlebihan akan menyebabkan kalsium hilang dari tulang kemudian akan dieksresikan dalam urine sehingga dapat menggubah kekuatan tulang dan lebih mudah rapuh. Tekanan darah yang tinggi, yang disebabkan karena mengonsumsi garam secara berlebihan juga dapat mempercepat hilangnya kalsium dari tulang.

Berita Artis Terkini

By Admin