Home / Berita Terkini / Alasan Kapolri Tidak Melakukan Penahanan Kepada Ahok
Alasan Kapolri Tidak Melakukan Penahanan Kepada Ahok

Alasan Kapolri Tidak Melakukan Penahanan Kepada Ahok

Berita Artis Terkini

Gubernur DKI Jakarta non aktif Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka pada kasus dugaan penistaan agama. Akan tetapi hingga kini pihak kepolisian belum melakukan penahanan terhadap Ahok.

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian pada saat menghadiri acara Tabligh Akbar yang dilakukan di Masjid Jami Al Riyadh, Kwitang, Jakarta, Minggu (20/11)

Kapolri kali ini mengungkap alasan kenapa belum belum melakukan penahanan terhadap Ahok meskipun mendapatkan desakan dari berbagai pihak semakin meningkat.

Tito menjelaskan, penahanan terhadap seorang tersangka merupakan kewenangan dari penyidik. Dalam melakukan penahanan, terdapat dua alasan yang akan merujuk pada KUHAP yaitu objektif dan subjektif.

Yang dimaksud dengan Objektif adalah, objek perkaranya telah dan mutlak bersalah, saksi ahli telah bulat dalam menyatakan kemudian tim penyelidik juga telah bulat. Pada kasus Ahok, saksi ahli yang dihadiri banyak terjadi perbedaan pendapat dari kedua kubu, ucap Tito.

Kemudian dari sisi subjektifnya, penahanan terhadap seseorang dapat dilakukan disaat tersangka hendak melarikan diri. Namun pada kasus ini, Ahok dinilai masih kooperatif, termasuk pada saat dirinya mendatangi kantor Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri untuk memberikan keterangan padahal belum dijadwalkan untuk dilakukan pemeriksaan.

Kemudian ada kekhawatiran apabila tersangka akan menghilangkan barang bukti. Namun barang bukti Alhamdulillah hanya video rekaman asli, untuk itu saya menyampaikan kepada penyelidik untuk mengambil video aslinya. Dan barang bukti telah diamankan, ucap Tito.

Faktor lain, penahanan dapat dilakukan apabila tersangka mengulangi perbuatannya kembali, misalnya dalam hal melakukan penistaan agama kembali.

Oleh karena itu hingga kini kita belum melakukan penahanan terhadap tersangka, Ucap Tito.

Untuk seluruh masyarakat yang ada di Tanah Air, Saya mengajak anda untuk melakukan pengawalan terhadap proses pengusutan kasus Ahok hingga ke pengadilan. Untuk saat ini, pihak kepolisian tengah merampungkan berkas perkara Ahok agar bisa segera dilimpahkan ke kejaksaan.

Insya Allah maksimal dalam waktu tiga minggu (pemberkasan) untuk masuk kejaksaan dan akan kita dorong pihak kejaksaan agar kasus ini segera masuk ke pengadilan. Dan kasus ini nanti pasti akan ditayangkan dengan live, seperti kayak kasus Jessica, ucapnya.

Scroll To Top