Home / Berita Terkini / Sidang Penundaan Tuntutan Ahok Akan Ditunda Hingga Tanggal 20 April
Sidang Penundaan Tuntutan Ahok Akan Ditunda Hingga Tanggal 20 April

Sidang Penundaan Tuntutan Ahok Akan Ditunda Hingga Tanggal 20 April

( Berita Artis Terkini ) – Kali ini Pengadilan Negeri Jakarta Utara telah mengambil keputusan untuk menunda pembacaan tuntutan terhadap keputusan pada kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Atas kasus ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) kemudian menegaskan akan menunda pembacaan kasus putusan sidang dugaan penodaan agama tersebut, dan hal ini bukan karena diterimanya surat dari Polda Metro yang sebelumnya menyarankan penundaan sidang sampai dengan selesainya Pilkada DKI Jakarta 2017.

Perlu kami sampaikan, Majelis beberapa waktu sebelumnya Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta telah menerima tembusan surat dari Kapolda B 2006 untuk Kepala Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Ketua JPU Ali Mukartono mengatakan keputusan tersebut diambil bukan karena surat dari Polda Metro, akan tetapi karena belum selesainya penyusunan surat dakwaan.

Namun, dari isi surat tersebut pihak kepolisian hanya menyarankan kepada Majelis Hakim agar mempertimbangkan dalam menentukan sidang pembacaan tuntutan kepada terdakwa Basuki atau Ahok, karena pihak kepolisian yang bertangung jawab atas situasi keamanan jalannya sidang tersebut.

Karena alasan keamanan, dan kita menghormati masalah keamanan yang telah menjadi prioritas utama pihak kepolisian, saya kira untuk pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk melakukan penundaan agar di pertimbangkan, ucap Ali.

Dimana pada sebelumnya telah kita ketahui, telah beredar informasi apabila pihak Polda Metro jaya telah menyurati pengadilan negeri Jakarta dan meminta untuk melakukan penundaan dalam sidang pembacaan dakwaan atas kasus dugaan penodaan agama atas terdakwan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Surat tersebut ditujukan kepada Ketua Pengadilan negeri Jakarta Utara ditembuskan kepada Mahkama Agung RI, Kapolri, Irwasum, dan surat tersebut ditanda tangani oleh Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jendral Polisi M Irawan.

Surat tersebut meminta kepada Pengadilan Negeri Jakarta agar menunda sidang agenda tuntutan yang digelar pada 11 april 2017 hingga selesainya Pilkada DKI Jakarta 2017 pada tanggal 19 April 2017 demi menjaga keamanan, dan surat tersebut juga meminta agar pemeriksaan terhadap Anies dan Sandi juga di tunda ( Berita Artis Terkini ).

Scroll To Top