Home / Kriminal / Kabar Terkini Arab Saudi Atas Kejadian Bom Bunuh Diri Di Tiga Titik
Kabar Terkini Arab Saudi Atas Kejadian Bom Bunuh Diri Di Tiga Titik

Kabar Terkini Arab Saudi Atas Kejadian Bom Bunuh Diri Di Tiga Titik

Berita Artis Terkini – Setelah terjadinya insiden bom bunuh diri berdekatan di Masjid Nabawi di Madinah serta Masjid Qatif membuat Arab Saudi diguncang tiga kali ledakan sepanjang Senin (4/7). Kejadian tersebut diperkirakan pada pagi hari waktu setempat sebelumnya, insiden ledakan tersebut terjadi pada Kota Jeddah, Pengeboman tersebut dilakukan oleh seorang teroris yang meledakkan diri.

Dengan waktu yang hampir bersamaan dengan insiden yang terjadi Madinah dan juga Qatif, ledakan di Jeddah tersebut dilakukan di depan masjid yang berdekatan dengan Kantor Konsulat Amerika Serikat. Atas kejadian tersebut, dua petugas keamanan konsulat mengalami luka-luka. Dari keterangan saksi mata menyebutkan pelaku pada saat kejadian mengendarai mobil dengan kecepatan pelan sebelum melakukan peledakan diri, seperti yang telah diinformasikan oleh Kantor Berita AFP. Petugas Konsulat AS kemudian dengan segera diamankan ke bangunan yang lain atas kejadian pengeboman tersebut.

Selanjutnya setelah maghrib, bom meledak di depan Masjid Jami Qatif dimana masjid tersebut merupakan tempat ibadah minoritas Syiah Arab Saudi. Kemudian pelaku meledakkan dirinya di halaman depan masjid, namun atas insiden pengeboman tersebut tidak terdapat korban pada warga.

Saya dapat melihat bagian tubuh berserakan akibat ledakan tersebut. Ini merupakan bom bunuh diri,” ucap Nasima al-Sada dimana dirinya adalah merupakan saksi mata di Qatif, seperti dilansir oleh kantor berita AFP.

Seteah kejadian tersebut berselang waktu tidak lama, mendekati Isya, mobil yang terparkir dan berdekatan dengan Masjid Nawabi tiba-tiba meledak. Otoritas Kerajaan Petro Dollar atas kejadian tersebut menyatakan insiden di masjid suci Kota Madinah itu merupakan aksi bunuh diri militan.

Stasiun televisi Al Arabiya memberitakan saksi melihat si pelaku bom bunuh diri tersebut mengendarai mobilnya dan sempat mendekati petugas keamanan masjid Nabawi sebelum meledakkan diri. Dari yang telah kita ketahui Masjid Nabawi merupakan masjid yang paling suci kedua di dunia pada ajaran Islam, karena masjid tersebut didirikan langsung oleh Nabi Muhammad.

Hingga kini dari informasi yang telah diterima tidak ada satupun korban jiwa ataupun luka dari insiden di Madinah maupun Qatif, kecuali para pelaku. Pemerintah Saudi juga belum memberikan pernyataan mengenai kejadian tersebut.

Saudi mengalami beberapa kali kasus bom bunuh diri dari tahun 2014 yang di lakukan oleh militan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) dan juga Al Qaidah Yaman. Biasanya target para teror tersbuet adalah masjid-masjid dari kelompok Syiah yang ada di kawasan timur Negeri Petro Dollar itu.

Scroll To Top